8 Cara Asik Biar tidak Buang Sampah Sembarangan

Masyarakat Indonesia banyak sekali yang kurang sadar akan kebersihan lingkungan, hal ini bisa dilihat dari banyaknya sampah yang masih bisa kita temui dijalan atau di tempat umum lainnya. Disamping itu pemerintah juga telah berupaya dengan berbagai macam cara agar masyarakat sadar dan peduli akan sampah. Karena kebersihan lingkungan tentunya sangat berpengaruh bagi diri kita sendiri.

Lingkungan yang jorok bisa menganggu kesehatan tubuh manusia, lalu bagaimana kita bisa mencari nafkah kalau kita terkena kuman atau virus karena tumpukan sampah? Oleh karena itu hal ini tidak bisa disepelekan.

Sepertinya Indonesia perlu meniru 8 Cara unik yang telah dilakukan beberapa negara ini agar masyarakatnya sadar akan kebersihan. Yuk cek ulasannya!

1. TetraBIN

TetraBIN

Sam Jhonson & Steve Bai membuat sebuah tong sampah yang dilapisi lampu LED yang disebut dengan TetraBIN. Pada umumnya fungsi dari TetraBIN sendiri sama saja dengan tong sampah pada umumnya, yang membedakan disini adalah lapisan LED visual permainan legendaris Tetris. Mungkin dengan nyala lampu tersebut dapat lebih membuat masyarakat tertarik melihat lampu tersebut sambil membuang sampah.

2. Messi vs Ronaldo

Messi vs Ronaldo
Tempat Sampah Messi dan Ronaldo

Ronaldo vs Messi, siapa yang tidak kenal dua pemain bola yang sudah tersohor itu, terutama untuk penggemar bola. Tentunya kedua nama tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita, dan ternyata, di Inggris nama diatas dipakai untuk nama sebuah tong sampah lho. Jadi buat para fans atau heaters salah satu pemain diatas, silahkan membuang puntung rokok di salah satu nama tersebut.

3. Play Trash Bin

Play Trash Bin


Di negara Inggris ada sebuah komunitas yang menamakan kelompoknya Collectif DC, mereka mencoba membuat inovasi baru agar masyarakat sadar akan sampah dan membuangnya pada tempatnya, salah satu caranya dengan menjadikan tong sampah menjadi sebuah arena bermain-main.

Di Filiphina, pemerintah setempat juga melakukan hal yang sama, mereka memanfaatkan tong sampah sebagai tempat bermain. Serupa tapi tak sama dengan di Inggris.

4. Tempat permen karet


Tempat permen karet


Masih di negara Inggris nih! Sebuah papan bertuliskan hal-hal yang terjadi jika rakyat inggris tidak peka terhadap dampak buruk permen karet dibuat oleh konsultan desain asal inggris ini dengan cara mengubah cara pandang masyarakat inggris agar tidak membuang permen karet sembarangan dengan cara menjawab pertanyaan yang ada di papan, tentunya dengan tempelan bekas permen karet.

5. Maze Trash Can

Maze Trash Can


Beda negara beda pula caranya. di negara Swiss pemerintah justru memanfaatkan tong sampah sebagai tempat bermain maze. unik ya.. dengan begini anak-anak kecil pun menjadi senang membuang sampah pada tempatnya.

6. DNA Shaming


DNA Shaming


Ini dia cara yang lebih gila lagi, di Hong Kong mereka mencari sampah dan mengidentifikasi siapa pelaku yang membuang sampah sembarang dengan cara mengambil sampel DNA dari sampah tersebut, hasilnya rekonstruksi wajah pelaku secara tiga dimensi muncul di papan reklame di areal publik.

7. Piss-Proof Walls
Piss-Proof Walls


Jangan salah! Buang air kecil sembarangan juga salah satu dari buang sampah sembarangan lho. Di Jerman ada peraturan khusus nih, dengan menuliskan jangan suka kencing sembarangan kalau kamu nggak pengen basah akibat terkena kencingmu sendiri.

8. Ashtray Trash Can




Pada Tahun 2005, agensi iklan SMALL membuat pengingat kepada masyarakat Spanyol agar lebih sadar kebersihan lingkungan. Gambar di atas adalah salah satu illustrasi kreatif di Barcelona yang dibuat oleh agensi iklan SMALL itu

Banyak hal yang dilakukan pemerintah dari berbagai negara untuk meminimalisir sampah, dan membuat masyarakat negara itu sendiri lebih peka dalam menjaga lingkungannya. Semoga masyarakat Indonesia pun sadar akan masalah sampah ini.

Sumber : www.hatree.co

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Asik Biar tidak Buang Sampah Sembarangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel