Ketahuilah Arti, Sejarah, Teks dan Makna Sumpah Pemuda

Ketahuilah Arti, Sejarah, Teks dan Makna Sumpah Pemuda
harianaceh.kilatstorage.com
SEJARAH INDONESIA - Bagi semua warga negara Indonesia (RI), tanggal 28 Oktober merupakan hari yang bersejarah. Tanggal 28 Oktober adalah hari di mna dicetuskannya Sumpah Pemuda. Dalam Sumpah Pemuda bisa kamu saksikan, sungguh betapa luar biasanya perjuangan para pahlawan Indonesia ini dalam memperjuangkan kebebasan rakyat Indonesian dari cengkraman para penjajah.

Sumpah pemuda pun bisa diartikan sbgai momentum persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia. Nah, pada artikel kali ini, kita akan mnjelaskan mengenai sejarah singkat, makna dan isi teks Sumpah Pemuda. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

Sudah kita ketahui semua, wilayah Indonesia itu begitu luas. Selain luas, Indonesia kaya sekali akan hasil alam yang begitu melimpah ruah. Hal ini yang menyebabkan para penjajah mulai masuk ke Indonesia. Sebagai salah 1 bentuk perjuangan, ketika itu muncul berbagai ormas atau perkumpulan yang berdiri berlatar belakang budaya, suku dan agama. Semua ormas mempunyai landasan tersendiri dalam memperjuangkan kemerdekaan dari para penjajah. Bisa dibilang mereka ini bagian dari pahlawan kemerdekaan negara.

Salah satu ormas atau perkumpulan yang terbentuk waktu itu tepatnya Perhimpunan Para Pelajar Indonesia yang disingkat (PPPI) yang beranggotakan para pelajar dari seluruh wilayah di Indonsia. Saat PPI membuat sebuah kongres yg dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan, Adapun wakil organisasi kepemudaan seperti Jong Ambon, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Java, Jong Islamiten Bond dan Jong Sumatranen Bond. Para pengamat dari pemuda tiong hoa juga hadir seperti Kwee Thiam Hong. Kongres ini digelar di tiga tempat yang berbeda.

Kongres trlebih dahulu di gelar pda hari Sabtu 27 Oktober 1928 di Gedung Katholike Jingenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang menjadi Banteng). kmudian rapat kedua yakni pada tanggal 28 Oktober 1928 di gedung Oost-Java Bioskop. Akhirnya rapat ketiga yang dilaksakakan di gedung Indonische Clubgebouw, disitulah tercetus sebuah rumusan yang saat ini disebut dngan Sumpah Pemuda.

Rumusan Kongres

Rumusan Kongres

Rumusan Kongres Sumpah Pemuda ditulis oleh Moehammad Yamin pada kertas yang diberikan kepada Soegondo saat Mr. Sunario sedang berpidato pada sesi akhir kongres (sebagai utusan kepanduan). Ketika Moehammad Yamin berbisik kepada Soegondo: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya mempunyai suatu formulasi yg lebih elegan untuk keputusan kongres ini). Setelah mem-bacanya, kemudian Soegondo memberikan paraf stuju pada secarik kertas tersebut. Hingga akhirnya kertas tersebut diteruskan kpada yg lain untuk diberikan paraf sbgai tanda setuju. Awalnya sumpah pemuda tersebut dibacakan oleh Soegondo dan kemudian di perjelaskan pnjang lebar oleh Moehammad Yamin.

Isi Teks Sumpah Pemuda

Isi Teks Sumpah Pemuda

Berikut ini isi dari rumusan yang kita semua kenal dengan Sumpah Pemuda.
  1. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).
  2. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).
  3. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, 4. Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

Makna Sumpah Pemuda

Makna Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda mengajarkan kpda kita tentang arti kesatuan dan prsatuan. Selain itu, Sumpah Pemuda juga menyatakan bahwa seluruh putra dan putri Indonesia siap mmbela kesatuan Indonesia dalam segala aspek.

Pada paragraf pertama menegaskan tentang perjuangan seluruh putra putri Indonesia bhwa mreka bertumpah darah satu, yakni tanah Indonesia. Pada paragraf Kedua menegaskan tntng pengakuan sluruh putra putri Indonesia bahwa mereka berbangsa satu, yakni bangsa Indonesia. Sedangkan pada paragraf akhir, mreka menegaskan bhwa seluruh putra putri Indonesia menjungjung tinggi bahasa persatuan, yakni bahasa Indonesia.

Demikian pnjelasan tentang sejarah singkat, mkna dan isi teks Sumpah Pemuda.Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Sumber : www.satujam.com

Belum ada Komentar untuk "Ketahuilah Arti, Sejarah, Teks dan Makna Sumpah Pemuda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel